Belajar Kembali apa itu Laporan arus kas

gw lagi baca financial statementnya PT.Bukit Asam… disitu yg gw perhatiin dari kemaren bagian cashflow statemennya/laporan arus kas… bukannya apa2 dari jaman kuliah ampe sekarang gw masih bingung dengan apa yg namanya arus kas -_- *auditor macam apa itu. ternyata arus kas itu berkaitan dengan segala hal yg mengenai kas masuk dan kas keluar perusahaan, dibagi menjadi 3 part: aktivitas operasi yaitu segala urusan kas yg masuk atau yg keluar berkaitan dengan aktivitas operasional dari perusahaan, aktivitas pendanaan yaitu mengenai kas yg masuk dan yg keluar segala hal yg berkaitan dengan pendanaan perusahaan, dan yg terakhir aktivitas investasi, nah klo yg ini berkaitan dengan kas masuk dan keluar investasi perusahaan… nih gw capture contoh cashflow statement, biar lebih jelas.

nah tuh contoh laporan arus kas, gw kutip dari laporan keuangan audited PT.Bukit Asam, Tbk….. kenapa butuh CashFlow Statement/arus kas? mungkin inilah beberapa contoh kenapa di setiap perusahaan harus ada Laporan arus kas:
# informasi arus kas berguna sebagai indikator jumlah arus kas di masa yang akan datang, serta berguna untuk menilai kecermatan atas taksiran arus kas yang telah dibuat sebelumnya.
# Laporan arus kas juga menjadi alat pertanggungjawaban arus kas masuk dan arus kas keluar selama periode pelaporan.
# Apabila dikaitkan dengan laporan keuangan lainnya, laporan arus kas memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna laporan dalam mengevaluasi perubahan kekayaan bersih/ekuitas dana suatu entitas pelaporan dan struktur keuangan pemerintah (termasuk likuiditas dan solvabilitas). Mungkin bisa dikatakan Cashflow ini bisa menjadi salah satu indikator untuk merancang budget, atau malah mungkin bisa menekan tingkat Fraud di perusahaan atau instansi pemerintah… tapi kenapa korupsi masih tetep ada ya? padahal Cashflow mereka kan ada, gw yakin Lapkeu Instansi pemerintah pasti ada yg ga beres…

Regards,

Angga Permadi Karpriana

2 responses to “Belajar Kembali apa itu Laporan arus kas

  1. Matab…. Ini baru dosen. Kenpa ga jadi dosen aja bung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s