Financial instrument

hari ini gw dapet ilmu lagi dari SPV gw, pintar amat tu org, ya wajarlah lulusan Australi bo’… gw dapet ilmu tentang present value… jadi present value itu nilai sekarang dari uang… jadi begini ilustrasinya :
illustrast nay gw misalkan antara parent company ama subsidiary company, jade related party gait deh… nah begin, misalnya si parent tad minjemin duet $ 2,000 ke subsidiary nah dengan jangka waktu 4 tahun. nilai $ 2000 tadi tentu tidak sama dengan $ 2,000 4 tahun kedepan, jadi mesti kita cari nilai present value dari $ 2,000 itu berapa nilainya sekarang, kira-kira begini formulanya.. :

PV = FV
———
(1+i)n

PV = Present Value
FV = Fair Value
1 = Konstanta
i = Interest
n = tahun ke- (itu tanda pangkat ya, bukan di kali soalnya kaga ada simbol pangkat :p)

jadi perhitungan atas ilustrasi di atas tadi:
misalkan bunga 10 % pertahun, pengembalian 4 tahun

PV = 2,000
———-
(1+0.1)4

= 1366.02

jadi nilai $ 2,000 tadi nilai sekarang atau Present Value nya adalah $ 1,366.02
nah menurut IAS 39 atau PSAK 50,55 selisih antara PV dan Pinjaman nya harus di catat sebagai equity… kira2 jurnal nya begini di pihak subsidiary:

cash $ 2,000 (Dr)
Loan payable to parent – $ 1,366 (Cr)
Equity – Contributed capital – $ 634 (Cr)

klo di pihak parent :

Loan Receivable to subsidiary $ 1,366 – (Dr)
investment in subsidiary $ 634 – (Dr)
Cash – $ 2,000 (Cr)

kira2 gini nih bahasa indonesianya..

Subsidiary:
kas 2,000 – (Dr)
utang ke induk perusahaan – 1,366 (Cr)
Modal – kontribusi parent – 634 (Cr)

parent:

piutang terhadap anak perusahaan 1,366 – (Dr)
investasi pada anak perusahaan 634 – (Dr)
Kas – 2,000 (Cr)

nah ilustrasi yg gw jabarin dari atas tadi itulah yg di maksud dengan Financial Instrument….dimana ada selisih antara FV dan PV itu di akui sebagai equity, tp ingat kondisi itu berlaku hanya untuk Related Party (Hubungan Istimewa).
klo yg kaga related party blom tau gw masih bingung juga… hahah.. Kategori Financial Instrument itu sendiri juga membingungkan, gw buka PSAK ama IAS kaga ngerti gw bahasanya hhauahuahaha….

mungkin segitu yang bisa gw share kurang lebih nya mohon maaf, klo ada pertanyaan bisa langsung contact via ym atau email :)… wassalam…

Regards,

Angga Permadi Karpriana

One response to “Financial instrument

  1. Pingback: Tweets that mention Financial instrument | Catatan Ga Penting -- Topsy.com

Leave a Reply

