..Corruption is about a price

kemaren gw ngikut kuliah auditing, nah dapet quote menarik dari dosen gw ya itu katanya korupsi itu cuma masalah harga… jadi gini andai kata ada sesorang yg bisa di katakan bersih di suatu instansi/perusahaan itu belom tentu tidak akan melakukan tindak korupsi, kenapa begitu? gini aja deh simplenya, pada saat orang itu di tawari amplop senilai 5.000.000 dia menolak, kemudian di tawari 50.000.000 dia masih menolak, sampe disini orang itu terbukti memang bersih… kemudian datang lagi kesempatan untuk melakukan korupsi kali ini senilai 200.000.000, dan ternyata orang itu masih menolak untuk melakukan korupsi… menurut kalian secara kasat mata, apakah orang ini memang bersih dari korupsi? kalian semua pasti berpikiran bahwa orang ini memang benar benar menjunjung tinggi profesionalitas kerja dan memang benar benar bersih dari tindak korupsi…. eiiitttssss tunggu dulu…. tidak semudah itu menilai orang,. pada suatu saat kesempatan untuk korupsi kali ini datang kembali pada orang itu kali ini dengan nilai sebesar 1 Milyar… dan seketika mental dan profesionalitas orang itu tergoyahkan, dan dia melakukan tindak korupsi sebesar 1 M tersebut… nah yg gw maksud corruption is about a price itu orang tersebut price/nilainya memang 1 M… 

dari kalimat itu gw bisa narik kesimpulan, tidak ada orang yang bersih dari tindak korupsi, kenapa begitu? ya itu cuma masalah harga aja… semua orang mungkin melakukan korupsi tidak terkecuali, cuma pada level dan price yang berbeda beda setiap orangnya…. itu sudut pandang skeptis dari gw… gimana menurut kalian? 

 

 

regards,

 

 

Angga Permadi Karpriana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s